Wawancara kerja adalah bagian penting dari setiap proses rekrutmen, namun bisa sangat menegangkan. Agar sukses, penting untuk mempersiapkan sebelumnya dan mengingat beberapa tip wawancara. Kiat-kiat ini akan membantu Anda menampilkan diri terbaik dan lebih percaya diri selama wawancara.

Bagaimana seharusnya Anda berpakaian untuk wawancara kerja?

Berpakaian profesional dan pantas untuk pekerjaan yang Anda lamar. Anda sebaiknya tidak mengenakan pakaian yang terlalu kasual atau provokatif . Idealnya, kenakan setelan atau gaun berkualitas bagus yang bersih dan disetrika . Penting juga bahwa rambut bersih dan disisir . Anda harus membawa dompet atau tas tangan yang simpel dan elegan . Sedangkan untuk sepatu , Anda harus memakai sepatu yang bersih dan dalam kondisi baik.. Jika kacamata dipakai , penting untuk dibersihkan dan kaca bebas dari goresan .

Apa yang tidak boleh digunakan dalam wawancara kerja?

Ada banyak hal yang tidak boleh dikenakan saat wawancara kerja. Berikut adalah daftar beberapa di antaranya:

  • Bahasa vulgar atau cabul – Jenis bahasa ini tidak dapat diterima dalam konteks profesional apa pun dan harus benar-benar dihindari selama wawancara kerja.
  • Merokok – Merokok selama wawancara kerja sangat sembrono dan dapat dilihat sebagai indikator rasa tidak hormat oleh pewawancara. Selain itu, bau asap bisa sangat tidak menyenangkan bagi sebagian orang.
  • Membungkuk – Selama wawancara kerja, penting untuk menjaga postur tegak dan santai. Mencondongkan tubuh ke satu sisi atau sisi lain dapat diartikan sebagai tanda tidak tertarik atau tidak hormat.
  • Mengunyah permen karet – Mengunyah permen karet selama wawancara kerja sangat tidak profesional dan dapat dianggap menunjukkan kegugupan atau rasa tidak hormat.
  • Interupsi – Penting untuk membiarkan pewawancara berbicara dan tidak menginterupsi. Menyela orang yang melakukan wawancara dapat dianggap tidak sopan dan dapat membuat pewawancara berpikir bahwa Anda tidak tertarik dengan apa yang mereka katakan.

Bagaimana cara pergi untuk wawancara kerja untuk pertama kalinya?

Merasa gugup sebelum wawancara kerja adalah hal yang normal, tetapi jangan biarkan hal itu menghentikan Anda untuk melakukan yang terbaik. Dengan sedikit persiapan dan latihan, Anda dapat mengatasi kecemasan dan menonjol dalam wawancara Anda. Ikuti tips ini untuk berhasil dalam wawancara kerja Anda:

  • Lakukan riset Anda: Sebelum wawancara, lakukan riset tentang perusahaan dan posisi yang Anda lamar. Ini akan membantu Anda mengajukan pertanyaan cerdas dan menunjukkan minat Anda pada pekerjaan itu. Ini juga akan membantu Anda mengetahui apa yang diharapkan dalam wawancara.
  • Pikirkan jawaban Anda: Beberapa pertanyaan lebih sulit dijawab daripada yang lain. Pikirkan kemungkinan pertanyaan dan latih jawaban Anda. Jangan mencoba untuk menghafalnya, tetapi ingatlah beberapa poin penting yang ingin Anda sebutkan.
  • Berpakaian dengan tepat: Untuk sebagian besar wawancara, pakaian formal adalah pilihan terbaik. Jika Anda tidak yakin apa yang akan dikenakan, hubungi perusahaan untuk menanyakan tentang kode berpakaian. Dengan cara ini, Anda bisa berpakaian dengan tepat dan menunjukkan profesionalisme Anda.
  • Tiba tepat waktu: Pastikan Anda tiba di wawancara 10-15 menit sebelumnya. Ini akan memberi Anda waktu untuk memperkenalkan diri, menggunakan kamar mandi, dan sedikit bersantai sebelum memulai wawancara. Terlambat untuk wawancara adalah ide yang buruk, jadi cobalah untuk membuat rencana ke depan dan pergi dalam banyak waktu.
  • Pertahankan sikap positif: Ingatlah bahwa wawancara adalah kesempatan untuk menjual diri Anda sebagai kandidat terbaik untuk pekerjaan itu. Tetap tenang dan tarik napas dalam-dalam untuk membantu Anda mempertahankan ketenangan. Tersenyumlah dan tunjukkan kepada pewawancara sisi Anda yang lebih positif dan percaya diri.

Bagaimana cara berpakaian untuk wawancara kerja 2022?

Saat berpakaian untuk wawancara kerja, penting untuk mempertimbangkan jenis perusahaan yang Anda wawancarai. Jika perusahaan lebih konservatif, Anda mungkin diharapkan berpakaian lebih formal. Jika perusahaan lebih santai, Anda mungkin bisa berpakaian lebih santai. Either way, itu selalu lebih baik berpakaian lebih formal daripada santai untuk wawancara kerja.

Berikut adalah beberapa tip umum tentang cara berpakaian untuk wawancara kerja:

  • Kenakan pakaian yang pas: Pastikan pakaian Anda pas. Anda tidak ingin pakaian Anda terlihat terlalu ketat atau terlalu longgar. Jika Anda tidak yakin apakah pakaian Anda pas, mintalah bantuan teman atau anggota keluarga.
  • Pilih warna netral: Warna netral seperti hitam, abu-abu, dan krem ​​​​selalu menjadi pilihan yang baik untuk wawancara kerja. Jika ingin menambahkan sentuhan warna, Anda bisa mengenakan kemeja atau blus berwarna. Namun, hindari warna atau pola yang berani.
  • Kenakan sepatu yang nyaman: Pastikan sepatu yang Anda pakai untuk wawancara nyaman. Anda tidak ingin kaki Anda mengganggu Anda selama wawancara. Jika Anda tidak yakin apakah sepatu itu nyaman, cobalah sebelum wawancara.
  • Jangan memakai perhiasan yang mencolok: Hindari memakai perhiasan yang mencolok atau berlebihan saat wawancara kerja. Sepasang anting atau jam tangan dapat diterima, tetapi jangan memakai lebih dari itu. Penting juga untuk menghindari penggunaan parfum atau minyak wangi.

Ingatlah bahwa, dalam hal berpakaian untuk wawancara kerja, yang terbaik adalah memilih sisi formalitas. Jika Anda tidak yakin apa yang cocok untuk wawancara, mintalah saran dari teman atau anggota keluarga. Anda juga dapat memeriksa situs web perusahaan untuk mempelajari lebih lanjut tentang budaya dan gaya pakaian mereka.

Untuk mendapatkan pekerjaan yang baik, penting bagi Anda untuk mempersiapkan wawancara kerja. Teliti perusahaan, tinjau keterampilan dan kekuatan Anda, dan latih jawaban Anda. Penting juga untuk berpakaian dengan tepat untuk wawancara. Tiba tepat waktu dan menunjukkan minat serta antusiasme adalah cara lain untuk mengesankan pewawancara dan mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Cara pergi ke wawancara kerja

Deja una respuesta

Tu dirección de correo electrónico no será publicada. Los campos obligatorios están marcados con *