Dalam wawancara kerja, penting untuk menonjol dari kandidat lainnya. Untuk melakukan ini, serangkaian langkah harus diikuti:

1. Persiapkan: Lakukan penelitian Anda tentang perusahaan dan posisi yang Anda lamar. Dengan cara ini, mereka akan dapat mengajukan pertanyaan menarik dan menunjukkan minat pada posisi tersebut.

2. Tiba tepat waktu: penting untuk tiba 10-15 menit sebelum wawancara. Dengan cara ini, Anda bisa sedikit rileks dan mempersiapkan diri secara mental.

3. Berpakaian dengan pantas: berpakaian sederhana, hindari menarik terlalu banyak perhatian. Yang penting terlihat profesional.

4. Percaya diri: Penting untuk tetap tenang dan merespons dengan percaya diri. Anda juga harus menghindari berbicara terlalu banyak.

5. Bertanya: di akhir wawancara, selalu ada ruang untuk bertanya. Penting untuk memanfaatkannya untuk menunjukkan minat pada posisi tersebut.

Apa yang bisa saya pakai untuk pergi ke wawancara

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih pakaian Anda untuk wawancara kerja. Hal pertama adalah gambar yang ingin Anda proyeksikan. Menurut majalah Forbes , 70% orang mengatakan bahwa pakaian merupakan faktor penentu saat mempekerjakan seseorang. Jadi, apa yang Anda ingin orang lain lihat tentang Anda?

Kedua, Anda harus memperhitungkan jenis perusahaan yang Anda wawancarai. Jika Anda mewawancarai perusahaan rintisan teknologi, Anda bisa mengenakan pakaian yang lebih kasual daripada jika Anda mewawancarai di bank. Namun, lebih baik tidak mengambil risiko terlalu banyak dan memilih pakaian formal. Dengan cara ini, Anda akan menunjukkan bahwa Anda menanggapi wawancara dengan serius dan bersedia melakukan yang terbaik.

Last but not least, penting bagi Anda untuk merasa nyaman. Tidak ada gunanya berinvestasi dalam setelan jas jika Anda akan menghabiskan seluruh wawancara dengan menyadari bahwa Anda belum melepasnya sepanjang minggu. Yang penting adalah Anda terlihat percaya diri dan menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk pekerjaan itu.

Apa yang tidak boleh dipakai dalam wawancara kerja

  • Celana pendek

  • tank top

  • Pelatih

  • rias wajah yang berlebihan

  • anting untuk pria

  • lensa kontak berwarna

  • tato

  • gelang dan cincin

  • pakaian yang sangat ketat

  • Pakaian dengan pesan provokatif

  • Rambut acak-acakan

  • bau badan yang buruk

  • bahasa vulgar

  • membicarakan masalah pribadi

  • berbicara buruk tentang orang lain

  • Merokok, mengunyah permen karet, atau kebiasaan lainnya

  • bermain dengan benda

  • Lihat jamnya

  • menggunakan ponsel

  • Akan terlambat

  • Tidak mempersiapkan wawancara

Apa yang harus dipakai untuk wawancara kerja untuk seorang wanita

Beberapa wanita berpikir bahwa mereka perlu mengenakan jas untuk wawancara kerja, tetapi ini tidak selalu diperlukan. Yang paling penting adalah berpakaian secara profesional dan pantas untuk posisi yang Anda lamar. Berikut adalah beberapa tip untuk membantu Anda memutuskan apa yang akan dikenakan untuk wawancara kerja berikutnya:

  • Meneliti lingkungan perusahaan. Jika tempat acaranya lebih santai, Anda bisa mengenakan setelan jean atau bahkan gaun. Jika tempatnya lebih formal, maka Anda perlu mengenakan setelan jas.
  • Pastikan pakaian Anda bersih dan disetrika. Anda tidak ingin pewawancara berpikir bahwa Anda tidak profesional.
  • Hindari mengenakan pakaian yang sangat ketat atau berpotongan rendah. Pewawancara Anda harus fokus pada keterampilan Anda, bukan penampilan Anda.
  • Kenakan sepatu yang nyaman. Anda tidak ingin menghalangi kaki Anda selama wawancara.
  • Bawa dompet atau tas untuk membawa barang-barang Anda. Anda tidak ingin barang-barang Anda berserakan di lantai.

Ikuti tips ini dan Anda akan yakin Anda berpakaian dengan tepat untuk wawancara kerja Anda. Ingat, hal terpenting adalah menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang profesional dan cakap.

Bagaimana cara berpakaian untuk wawancara kerja 2022?

Cara Anda berpakaian untuk wawancara kerja bisa menjadi faktor penentu apakah Anda akan diterima atau tidak. Meskipun pasar kerja sedang berubah, kandidat tetap diharapkan untuk berpakaian secara profesional dan konservatif. Jika Anda tidak yakin cara berpakaian untuk wawancara kerja, berikut adalah beberapa tip untuk membantu Anda tampil terbaik.

1. Teliti gaya berpakaian perusahaan. Beberapa perusahaan lebih formal daripada yang lain, jadi penting untuk meneliti gaya berpakaian perusahaan sebelum wawancara. Jika bisa, coba cari tahu apakah ada kode berpakaian dan, jika ya, jenis pakaian apa yang diperbolehkan. Jika Anda tidak bisa mendapatkan informasi ini, lebih baik memilih sisi formalitas dan berpakaian konservatif.

2. Pilih jas atau rok dan jaket dengan warna gelap. Warna gelap lebih formal dan profesional daripada warna terang. Jika Anda tidak memiliki jas, Anda bisa mengenakan set rok dan jaket dengan warna gelap. Pastikan pakaian bersih dan bebas kerut.

3. Kenakan sepatu yang nyaman dan terlihat profesional. Sepatu adalah bagian penting dari pakaian wawancara. Sepatu harus nyaman, tetapi juga harus terlihat profesional. Pompa adalah pilihan yang baik untuk wanita, sementara pria bisa memakai sepatu resmi atau sepatu kulit. Pastikan sepatu Anda bersih dan tidak ada kerusakan.

4. Bawalah tas atau dompet yang cukup besar untuk menampung semua yang Anda perlukan. Anda mungkin perlu membawa salinan resume, notepad, dan pena ke wawancara. Pilih tas atau dompet yang cukup besar untuk menampung semua yang Anda perlukan, tetapi tidak terlalu besar sehingga terlihat berlebihan. Jika Anda menggunakan dompet, pastikan itu bersih dan dalam kondisi baik.

5. Jangan memakai perhiasan berlebihan atau riasan mencolok. Yang terbaik adalah tidak memakai perhiasan berlebihan atau make up mencolok untuk wawancara kerja. Tujuannya agar terlihat profesional dan tidak menarik perhatian.

Anda harus memperhitungkan tempat wawancara, posisi yang Anda lamar dan perusahaan untuk memilih lemari yang tepat . Tidak ada aturan pasti, namun ada beberapa trik kecil yang dapat membuat perbedaan dan membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Apa yang harus dipakai dalam wawancara kerja

Deja una respuesta

Tu dirección de correo electrónico no será publicada. Los campos obligatorios están marcados con *