Ciri Backlink Berkualitas SERP

Diposting pada

Kriteria Backlink Berkualitas SEO – Dalam berbagai banyak kasus dan beberapa forum diskusi SEO oleh para blogger, satu topik menarik yang sering kali dan mungkin sampai saat ini masih menjadi perbedaan pendapat tentang faktor penentu peringkat blog, website atau situs di mesin pencari adalah backlink.

Kalau bicara SEO, pasti topik yang selalu hangat diperbincangkan adalah tentang backlink. Hampir semua praktisi SEO pasti berburu backlink berkualitas untuk optimasi SEO Off Page web mereka. Saking besarnya pengaruh backlink terhadap kenaikan peringkat sebuah artikel, orang-orang bahkan rela membayar mahal jasa backlink untuk mengoptimasi website yang mereka kelola.

Banyak sekali yang berpendapat bahwa untuk saat ini backlink sudah tidak berpengaruh terhadap peringkat sebuah blog, website atau situs apapun.

Ada juga yang berpendapat bahwa backlink tetap menjadi saalah satu faktor penentu peringkat blog di mesin pencari, walaupun masih ada faktor lainnya. Ada juga yang berpendapat bahwa backlink menjadi faktor terpenting dalam SEO sebuah blog.

Lalu pendapat mana yang bisa kita gunakan?

Untuk memperjelas pendapat tersebut, sobat bisa membaca artikel sebelumnya yang sudah pernah saya bahas.

Pada kesempatan ini, kita tidak ingin terlalu jauh masuk pada beberapa pendapat tersebut. Namun di sini akan kita berikan beberapa ciri backlink terbaik dan berkualitas untuk SEO blog, wbsite atau situs Anda. Harapannya tentu saja dengan keberadaan backlink berkualitas bisa membantu meningkatkan kualitas blog Anda.

Baca juga: 260++ List Backlink Dofollow Gratis

Apa Itu Backlink?

Kriteria Backlink Berkualitas

Bahasa sederhananya, backlink adalah semua link berasal dari luar yang mengarah ke blog Anda. Backlink sering juga disebut eksternal link. Nilai eksternal link lebih besar dibanding internal link.

Dengan adanya eksternal link, Google melihat bahwa orang-orang mereferensikan blog Anda. Dengan begitu, Google menganggap konten atau blog Anda berkualitas. Simple nya seperti itu.

Berdasarkan jenisnya, backlink terbagi jadi 2 yaitu Dofollow dan Nofollow backlink. Kalau backlink berjenis Dofollow, artinya Google akan merayapi link tersebut hingga ke tujuan. Artinya, backlink tersebut memiliki nilai.

Kalau Nofollow, artinya Anda ngga mengizinkan Google untuk merayapi link tersebut. Jadi backlink tersebut akan diabaikan oleh robot Google.

7 Ciri Backlink Berkualitas SERP untuk Blog

Beberapa ciri backlink berkualitas di bawah ini harapannya bisa sobat terapkan. Apa saja rinciannya, berikut selengkapnya:
  1. Topik backlink tersebut relevan dengan website anda.
  2. Berasal dari website yang berkualitas, pengunjungnya ramai dan aktif (berkomentar & sharing).
  3. Berasal dari website yang masih aktif.
  4. Bukan dari website yang hanya berisi 1-2 konten.
  5. Tidak langsung muncul begitu saja ketika kita pasang. Dengan kata lain, melalui proses seleksi oleh si pemilik website.
  6. Diberikan dengan sukarela oleh orang lain (natural backink).
  7. Berada di dalam kalimat/paragraf/artikel.
Setidaknya 7 ciri backlink di atas jika bisa kita maksimalkan akan baik juga untuk SEO blog, website atau situs kita, terlepas dari berbagai rumor, perbedaan pendapat seperti yang saya katakan di atas. Apapun itu, yang terpenting bisa memaksimalkan kedua perbedaan, guna mencapai titik tengah namun bermanfaat untuk peningkatan trafik blog Anda di mesin pencari.

Sampai disini saya rasa cukup jelas pembahasan singkat mengenai pengertian, kriteria backlink berkualitas, dan juga beberapa sumbernya. Sebaiknya Anda mempertimbangkan dengan matang, kapan sebaiknya mulai menggunakan backlink, harus membuat backlink dari sumber mana, dan pastikan bahwa link yang dibuat benar-benar berkualitas.

Demikian sekilas tentang 7 Ciri Backlink Berkualitas dan Terbaik untuk SEO Blog. Semoga bermanfaat, salam blogger. Good luck.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.