Download Soal Pretest PPG dan Pembahasannya Terbaru 2022

Diposting pada

Contoh Soal Pretest PPG dan Pembahasannya Tahun 2022 – PPG 2022 sebentar lagi akan dilaksanakan. Untuk itu pastilah contoh soal Pretest PPG 2022 banyak dicari. Pasalnya, soal yang akan dibahas memiliki berbagai kategori. Untuk itu, dalam mempersiapkan, alangkah baiknya berlatih mengerjakan contoh soal Pretest PPG 2022.

Contoh Soal Pretest PPG 2022, kemungkinan memiliki sedikit kemiripan dengan PPG sebelumnya. Jika tidak, berlatih soal dapat pula mengasah kemampuan memecahkan masalah soal yang lain.

Pada Pretest sebelumnya, memiliki kategori, diantaranya tes Kompetensi Pedagogik, tes Kompetensi Tes Potensi Akademik (TPA) serta terdapat pula tes sesuai jurusan.

Kumpulan soal-soal Pretest dapat dijadikan acuan untuk belajar. Hal tersebut berguna mengasah kemampuan peserta. Mulai dari kemampuan numerik, verbal, hingga kemampuan bidang akademik masing-masing jurusan dan mata pelajaran yang diampu.

KIsi-kisi Tes Potensi Akademik PPG 2022

Kumpulan Soal Pretest PPG dan Pembahasannya Tahun 2022

Untuk Tes Potensi Akademik memiliki beberapa kompetensi yang harus dipelajari, diantaranya sebagai berikut:

1. Kompetisi Verbal

Kompetensi verbal meliputi hubungan kata, analitis seperti fakta-fakta yang saling berhubungan, logis seperti menarik kesimpulan dari dua premis.

2 Kompetensi Numeric

Kompetisi numerik yang dipelajari, seperti Deret:

Mengenai hal ini dapat menentukan satu angka yang merupakan kelanjutan dari deret, dapat menentukan angka-angka yang merupakan kelanjutan dari 2 deret angka dengan 2 pola tertentu dan seterusnya.

Selain deret, ada juga Aritmatika. Dipelajari dari bagian ini adalah menemukan solusi dari operasi hitung sederhana (penjumlahan dan pengurangan, pengalian dan pembagian, desimal dan pecahan dan strategi operasi hitung).

3 Kompetensi Figural

Kompetensi figural yang dipelajari adalah hubungan bentuk, seperti menentukan gambar pada kotak kosong yang sudah ditentukan.

Kompetensi Serial dengan membedakan perubahan bentuk/warna, perubahan bentuk dengan awal stimulus sebanyak 4.

4 Kompetensi Verbal

Kompetensi Verbal yang dapat dipelajari adalah hubungan kata, seperti menentukan kata yang memiliki kesamaan arti (sinonim), memilih sepasang kata yang memiliki hubungan analogis sama.

Kisi-kisi Pedagogik

Untuk Kisi-kisi Pretest Kompetensi Pedagogik sebagai berikut.

1. Kompetensi Merencanakan Pembelajaran

Sum kompetensi yang dipelajari adalah merumuskan indikator serta capaian pembelajaran, menetapkan materi, prosedls, sumber, media penilaian dan evaluasi.

Selain itu, terdapat pula Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

2. Kompetensi Melaksanakan Pembelajaran

Melaksanakan pembelajaran dimaksudkan agar sesuai dengan kaidah Pedagogik. Contohnya pemecahan masalah untuk mengembangkan potensi siswa.

3. Kompetensi Menilai dan Mengevaluasi Pembelajaran

Penilaian yang dimaksud mencakup ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan. Hasil penilaian tersebut digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran didalam kelas.

Disamping kedua Pretest tersebut, ada juga Pretest yang sesuai dengan mata pelajaran Bapak/Ibu guru yang diampu.

Contoh Soal

Selepas mengetahui Kisi-kisi secara umum, pastinya mencari tahu contoh soal.

Contoh soal ini diambil dari Pretest PPG tahun sebelumnya. Bapak/Ibu dapat mengundurkan dan mempelajari contoh soal yang akan disematkan.

Kedua, Prediksi contoh soal Pretest PPG 2022, dalam Kompetensi Pedagogik, dapat Anda lihat pada link berikut.

DOWNLOAD 

Itulah Kisi-kisi secara umum serta contoh soal yang dapat diunduh

Kumpulan Soal Pretest PPG dan Pembahasannya Terbaru 2022

Contoh Soal PPG Pedagogik

Pernyataan berikut yang menjelaskan makna kognitif adalah…
A. Kemampuan berkomunikasi
Kemampuan memecahkan masalah
Kemampuan berinteraksi
Kemampuan untuk mengintegritas diri

2. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan….

A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensorimotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan objek yang bersifat konkret (operasional formal)

3. Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik . Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan kognitif adalah…

Inspirasi
Budaya
Aspirasi
Pengasuhan dan lingkungan

4. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….

A. mengemukakan gagasan
B. mengaktualisasikan diri
C. penciptaan hubungan yang baik
D. memformulasikan tindakan

5. Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam. Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor ….

A. intelegensi dan kognitif
B. budaya dan pembiasaan
C. keluarga dan lingkungan masyarakat
D. emosional dan kepribadian

6. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ….

A. kesulitan akademis
B. gangguan simbolik
C. gangguan nonsimbolik
D. gangguan sosial

7. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi , lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk menmdapatkan solusinya. ilustrasi ini berkitan dengn perkembangan…

A. kemampuan kognitif
B. Kemampuan interaksional
C. kemampuan komunikatif
D. kemampuan afektif

8. Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan menetapkan SKL berdasarkan kesiapan siswa, tujuan pendidikan nasional, dan kebutuhan. Setelah kompetensi ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya yang terdiri dari kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa faktor yang harus dikembangkan antara lain ……

A. Tantangan internal dan Eksternal
B. Responsibility
C. Reinforced
D. Enriched

9. Kurikulum 2013, proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, Artinya yaitu ……..

A. kurikulum harus mengandung hal-hal barusehingga dapat membantu siswa untuk, dapat mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya
B. Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang harus dimiliki oleh siswa
C. Pembelajaran yang mendorong siswa lebih mampu dalam mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan
D. Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran

10. Pengembangan kurikulum pemangku kepentingan (sttka dilakukan dengan melibatkan pemangku (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :

A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C.Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu

11. Kemampuan berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika, tetapi masih terikat dengan objek-objek yang bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak pada usia ….

A. 0 – 2 tahun
B. 2 – 7 tahun
C. 7 – 12 tahun
D. 12 – 15 tahun

12. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA dan IPS sebagai media pembelajaran adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berpikir anak yang dikenal dengan tahapan ….

A. sensori motorik
B. pre operasional
C. operasional konkrit
D. operasional formal

13. Individu memandang apa yang diharapkan keluarga, kelompok, masyarakat, dan bangsa serta mendukung aturan sosial tidak hanya untuk ketenangan, tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral ….

A. pre konvensional
B. konvensional
C. post konvensional
D. interkonvensional

14. Masa anak berusia 11 – 13 tahun (remaja awal) mencapai tahap perkembangan sosial dengan kesadaran hubungan aku – engkau. Perkembangan pada tahapan ini berlangsung secara ….

A. subjektif
B. subjektif ke objektif
C. objektif
D. pra puber

15. Peserta didik yang berusaha melatih kepekaan dirinya terhadap rangsangan berupa tekanan-tekanan dan tuntutan lingkungan, belajar bergaul dan bertingkah laku seperti orang lain, serta bertingkah lakun di dalam lingkungan sosio kultural dikenal sebagai ….

A. akulturasi
B. akomodasi
C. asimilasi
D. sosialisasi

16. Seseorang mampu mengerjakan tugas yang dibebankan kepada secara baik bahkan sempurna. Kemampuan melakukan hal tersebut menumbuhkan kepercayaan diri yang bersangkutan terhadap kecakapannya dalam menyelesaikan tugas.

Karakteristik tersebut terjadi pada masa …

A. kanak-kanak
B. usia sekolah
C. remaja
D. dewasa muda

17. Sebagai seorang guru, Pak Ali merusaha mencari informasi mengenai karakteristik setiap siswanya. Pak Ali meyakini bahwa karakteristik siswa akan menjadi bahan dasar yang memengaruhi prestasi belajar siswa. Ilustrasi tersebut merupakan deskripsi dari konsep …

A. masukan dasar pembelajaran
B. merencanakan pembelajaran
C. masukan sarana pembelajaran
D. masukan lingkungan pembelajaran

17. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengetahui tingkatan penguasaan kompetensi prasyarat siswa adalah ….

A. melatih siswa mengerjakan soal ujian sekolah
B. melakukan kegiatan post test
C. melakukan ulangan harian secara tiba-tiba
D. mengidentifikasi kemampuan awal siswa

Perhatikan beberapa pernyataan berikut!

1. Hindari pernyataan negatif yang dapat melemahkan gairah belajar
2. Ciptakan suasana bersaing secara sehat
3. Berikan hukuman yang berat atas kelalaian mengerjakan tugas
4. Berikan penghargaan kepada siswa peraih nilai terbaik
5. Siswa menentukan sendiri apa yang akan dipelajari

18. Ciri-ciri teori belajar tingkah laku (behavioristik) ditunjukkan oleh nomor ….

A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 3
D. 3 dan 4

Perhatikan beberapa pernyataan berikut!

1. Situasi tidak kondusif yang dialami siswa
2. Tingkat kecerdasan yang terbatas
3. Bakat yang tidak sesuai dengan bidang tertentu
4. Populasi siswa dalam kelas yang terlalu besar

19. Faktor penyebab kesulitan belajar yang bersumber dari dalam diri siswa ditunjukkan oleh nomor ….

A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4

Berikut ini upaya yang dapat dilakukan guru untuk menanamkan perilaku positif terhadap siswa dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial adalah ….

A. mewajibkan membeli Lembar Kerja Siswa (LKS)
B. menerapkan hukuman untuk menanamkan ketaatan
C. menjelaskan akibat dari perbuatan antisosial, seperti mencuri dan korupsi
D. mengelompokkan perbedaan budaya di antara suku bangsa di Indonesia

20. Ibu Anik mengajak siswanya untuk mengamati tanaman jagung yang siap dipanen muda. Selanjutnya, Ibu Anik memeriksa laporan hasil pengamatan siswa yang dilakukan secara berkelompok. Ternyata, teknik observasi di luar kelas tersebut menunjukkan hasil belajar siswa yang optimal.

Hal ini menunjukkan bahwa siswa memiliki kecenderungan gaya belajar yang lebih baik melalui ….

A. visual – auditif
B. visual – kinestetis
C. auditif – kinestetis
D. auditif, visual, dan kinestetis

21. Beberapa siswa menunjukkan kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal dengan cepat, akan tetapi hasil yang diperoleh tidak maksimal. Gaya belajar siswa tersebut dinamakan gaya ….

A. impulsif
B. reflekrif
C. berpikir terikat
D. berpikir bebas

Salah satu ciri belajar rekonstruksionisme adalah ….

A. pembelajaran mengutamakan kondisi lingkungan
B. guru memanfaatkan secara optimal pemberian penguatan
C. pengetahuan dibangun sedikit demi sedikit
D. kegiatan pembelajaran dipilih atas dasar minat siswa

22. Perhatikan beberapa ciri pembelajaran berikut!

1. Pembelajaran mengutamakan bagian-bagian kecil
2. Pembelajaran mengutaman pemberian rangsangan (stimulus)
3. Pengetahuan ditemukan sendiri melalui pengalaman belajar
4. Siswa menentukan sendiri apa yang akan dipelajari

Ciri-ciri teori belajar tingkah laku (behavioristik) ditunjukkan oleh nomor ….

A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 3
D. 3 dan 4

23. Guru memberikan kebebasan secara luas kepada siswa untuk menentukan apa yang ingin dipelajari pada sumber belajar yang tersedia. Pernyataan tersebut merupakan ciri dari teori belajar ….

A. behavioristik
B. konstruktivisme
C. humanisme
D. gestalt

Siswa menentukan kategori untuk mengelompokkan objek sesuai perbedaan yang nyata berdasarkan karakteristik umumnya. Strategi belajar tersebut dikenal dengan model ….

A. berpikir induktif
B. berpikir deduktif
C. pencapaian konsep
D. pemecahan masalah

24. Salah satu teknik pembelajaran yang bersifat mengolah informasi adalah ….

A. bermain peran
B. pemecahan masalah
C. berpikir induktif
D. berpikir deduktif

25. Saling bekerjasama dalam menganalisis permasalahan interpersonal dan mengembangkan cara-cara demokratis untuk menghadapi situasi tertentu merupakan ciri dari strategi pembelajaran ….

A. bermain peran
B. investigasi kelompok
C. latihan laboratorium
D. penelitian yurisprudensial

26. Pada fase pertama, guru mendata bagian materi yang penting. Kemudian pada fase kedua, guru membuat hubungan materi baru dengan kata-kata, gambar, dan gagasan. Fase ketiga, guru membuat hubungan tersebut dengan cara yang menarik perhatian siswa. Fase keempat (terakhir), siswa mengerjakan latihan.

Tahapan pembelajaran tersebut merupakan startegi pembelajaran ….

A. pengemas awal
B. memorasi
C. pencapaian konsep
D. berpikir induktif

27. Upaya guru untuk menyeting pembelajaran dengan memanfaatkan segala unsur yang ada di kelas sebagai alat pembelajaran adalah ….

A. memajang karya terbaik siswa pada dinding dalam kelas
B. memajang gambar kota-kota besar di seluruh dunia
C. menugaskan siswa memakai baju adat pada perayaan hari besar nasional
D. menyiapkan media sederhana dan murah yang dibuat siswa dari rumah

28. Pak Budi akan menyajikan materi pembelajaran tentang memahami simbol atau lambang, seperti kata-kata, istilah, pengertian, dan peraturan.

Kegiatan belajar yang dapat dilakukan guru untuk menyampaikan materi tersebut adalah ….
A. siswa diminta mengenal dan mengulang hafalan informasi
B. siswa dilatih memformulasikan informasi ke dalam rangkaian bermakna
C. siswa dilatih memiliki keterampilan dalam memecahkan masalah
D. siswa dilatih menghapal simbol-simbol secara intensif

29. Kegiatan guru memberikan penguatan berbentuk gesture dalam pembelajaran adalah ….

A. memberikan hadiah kepada seluruh siswa karena hasil belajarnya meningkat
B. mengangguk-anggukkan kepala pada siswa yang mampu menjawab benar
C. menegur siswa yang salah dalam menjawab pertanyaan
D. memberikan acungan jempol sebagai respon jawaban siswa

30. Upaya guru untuk memberikan kesempatan kepada siswa dalam merefleksikan pengalaman belajar yang dialaminya adalah dengan cara ….

A. memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pembelajaran
B. menggunakan pertanyaan terarah saat pembelajaran berlangsung
C. mewawancarai siswa tentang masalah belajar yang dihadapi
D. menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan belajarnya

31. Contoh penilaian secara berkesinambungan yang dilakukan guru adalah ….

A. penilaian terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas dan di luar kelas
B. memberikan pre test maupun post test setiap akhir pembelajaran
C. mengadakan ulangan harian rutin secara terjadwal
D. mengadakan ulangan harian secara tiba-tiba

32. Upaya guru dalam membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial, antara lain ….

A. memberikan contoh pentingnya bersikap toleran
B. melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang tepat
C. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
D. mendiskusikan bagaimana mengatasi permasalahan sosial di sekitar siswa

33. Salah satu upaya guru dalam melaksanakan langkah-langkah perbaikan pembelajaran yang telah dirancang melalui Penelitian Tindakan Kelas antara lain ….

A. guru meyakini ada masalah dalam pembelajaran selama ini yang memerlukan peningkatan
B. guru melakukan introspeksi terhadap kelemahan yang ada dari aspek guru
C. guru merancang upaya latihan mengerjakan soal-soal untuk persiapan Ujian Nasional
D. guru mengevaluasi kembali rancangan mengatasi kelemahan yang ada

34. Hasil analisis kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang telah dilaksanakan dapat digunakan guru untuk ….

A. mempertahankan kebiasaan mengajar karena sudah lama dan banyak pengalaman
B. mengusulkan penyediaan media pembelajaran yang canggih untuk meningkatkan
pembelajaran
C. merancang ulang rancangan pembelajaran yang berdasarkan analisis terbukti memiliki kelemahan
D. melakukan latihan tambahan berupa test untuk siswa

35. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru, yaitu ….

A. memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang bereda
B. memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. memberian tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi
berikut instrumen testnya yang sesuai
D. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang
memiliki kesulitan tinggi

36. Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar adalah ….

A. proses pengajaran remidial pada dasarnya adalah pembelajaran biasa
B. tujuan pengajaran remidial adalah sama dengan test diagnostik
C. sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D. strategi yang dipilih hanya berbentuk test ulang

37. Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik terlihat dalam kegiatan guru, yaitu ….

A. membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remidial
B. menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil
temuan analisis evaluasi belajar siswa
C. menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan
yang ada.
D. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi

38. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain adalah ….

A. menentukan kriteria keberhasilan belajar
B. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
C. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
D. merencanakan pengajaran remidi

Perhatikan pernyataan-pernyatan berikut!
1. Mendata siswa yang memiliki kecerdasan (IQ) tinggi
2. Menganalisis soal yang paling banyak salah dan paling banyak benar dijawab siswa
3. Menganalisis latar belakang sosial, ekonomi, dan budaya orang tua mereka
4. Mengevaluasi sistem PBM secara menyeluruh berdasarkan atas dasar analisis penilaian belajar

39. Pernyataan di atas yang merupakan langkah guru menginterpretasi hasil analisis evaluasi hasil belajar adalah ….

A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4

40. Upaya untuk menganalisis hasil penilaian proses antara lain berupa kegiatan guru adalah ….

A. memeriksa dan memberikan nilai terhadap hasil catatan aktivitas tiap siswa dalam kegiatan di kelas
B. melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktivitas sangat positif
C. merencanakan pembelajaran remidial bagi siswa yang kurang baik berdasarkan penilaian
non test
D. melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktivitas kurang baik
Soal nomor 35

41. Penilaian portofolio dapat dilaksankan dengan cara ….

A. memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa
B. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
C. mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
D. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajaran dan test remidial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.